Senin, 11 Februari 2013

Istilah-Istilah yang Ngetrend

Berikut ini adalah beberapa istilah dan bahasa yang tengah atau pernah booming serta Nge-Trend dikalangan masyarakat indonesia dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir
  • · Lebay & Alay
Lebay merupakan Istilah yang populer sekitar tahun 2010, lebay sendiri memiliki arti lebih / melebih-lebihkan / mendramatisir. Entah siapa yang pertama kali mempopulerkan istilah ini, yang pasti istilah lebay kerap digunakan untuk me-judge seseorang yang dianggap berprilaku atau bertindak melebih-lebihkan / mendramatisir.
Sedangkan istilah Alay sendiri baru muncul pasca boomingnya istilah lebay, ada sebagian orang yang beranggapan bila Alay adalah singkatan dari (Anak LebAY) dan ada pula yang mengatakan bila Alay adalah (Anak LAYangan). Biasanya mereka yang didefinisikan sebagai anak Alay adalah mereka yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Uptodate tapi salah kaprah (kampungan)

  • Style mengikuti trend yang sedang booming (biasanya maksa)

  • Menulis dengan menyelipi huruf besar kecil, angka, tanda baca, serta menyingkat kalimat sampai mau banting ember dan piring waktu bacanya (aQuwh tUch c1Nt4 b9t ma 4mU e4n9, pi3 NpH4 kMyu t9a b9t n9g3-2iN aQuwh)
Biasanya istilah Alay dan Lebay cenderung melekat pada remaja ABABIL (ABG Labil), meski tidak menutup kemungkinan bila mereka yang sudah dewasa bahkan yang tua sekalipun bisa terjangkit virus yang notabeneneya belum ada obatnya ini.
  • · Maho
Istilah maho merupakan joke populer di kalangan warga kaskus (sebuah forum on-line). Ada pula sebagian orang yang berpendapat bila Maho adalah singkatan dari (MAnusia Homo), namun bagi kaskusser istilah maho merupakan joke untuk mereka yang gagal PertamaX (Red- Yang Pertama Kali merespon sebuah Thread) tidak ada unsure Nge-judge peyimpangan sexsual seseorang, semua murni sebuah joke. Cuman sayangnya ada sebagian kaskusser Newbie (Pemula) yang salah persepsi prihal joke maho tersebut, dan parahnya kesalah kaprahan prihal istilah maho tersebut beredar luas di berbagai jajaring social. Alhasil saat ini istilah maho cenderung bersifat negative (penyimpangan sexsual) dan sering di gunakan sembaranag untuk Nge-judge
  • Galau
Galau merupakan sebuah kosa kata lama yang baru baru ini booming dan menjadi sebuah trendmerk dikalangan remaja kekinian. Setahu saya Galau mempunyai difinisi yang beragam mulai dari Bingung / Bimbang / suasana hati yang sedang labil / berkecamuknya reaksi kimia (emotion) di dalam hati / serta menurunnya mekanisme ketahanan diri seseorang. Namun Galau yang sedang Nge-trend saat ini difinisinya sangatlah asbtrak, sebab hampir semua kondisi yang cenderung tidak stabil akan langsung divonis sebagai galau oleh para pemuja waham galau kekinian, padahal belum tentu hal / kondisi tersebut merupakan galau. Remaja zaman sekarang benar benar kecanduan galau (ada masalah sedikit galau, nggak punya pulsa galau, nggak update status galau, bahkan kebelet pipis dan kebelet Eek pun disebut galau) hedeeeh Galau Mode on deh pokoknya. Intinya Zaman sekarang kalau nggak Galau berarti nggak Gahool !! (ha3x)
  • · Unyu - Unyu
Ini dia istilah yang lagi in in nya di dunia maya, istilah yang desas desusnya merebak dan booming dari sebuah jejaring social berlogo burung putih biru (twitter). Sebuah istilah yang mungkin saja masih ada hubungan darah dengan istilah Cu-te (manis/imut) yang sempat booming beberapa waktu lalu. Eemm Apa sih arti Unyu – Unyu itu? Unyu – Unyu bisa didefinisikan sebagai sesuatu yang lucu / menggemaskan / geregetan. Dan yang pasti penulis artikel ini sangat unyu unyu banget dueh !! (ha3x). So Sweet
  • · Loe Gue End
Berarti salah gue, salah orang tua gue, salah temen temen gue, okey !! Mulai saat ini ‘Loe, Gue, End’ (ha3x). sebuah joke yang dipopulerkan oleh acara humor di Stasiun TV swasta ini mampu mendoktrin masyarakat kekinian untuk Poser (Mengikuti) evoria Loe Gue End tersebut. Dan rasanya akan jauh lebih afdhol bila pelafazan kalimat ‘Loe Gue End’ nya menggunakan logat AGJ (Anak Gaul Jakarta)
  • · LoL
Laugh Of Loud atau yang biasa ditulis LoL, mempunyai arti Tertawa terbahak-bahak. Namun ada sebagian orang yang salah kaprah dengan mengartikan LoL sebagai kependekan dari kata Tolol.
  • · BeTe (BT)
Sebuah istilah yang biasa ditulis BeTe (BT) ini mempunyai arti Bored Totally (Boring Total / Bosan total). Mungkin istilah ini masih kakak adik dengan istilah Badmood yah ?? he3x
  • · BTW / OTW / OOT
BTW (By The Way) yang mempunyai arti ‘Ngomong-Ngomong’.
OTW (On The Way) yang mempunyai arti ‘Sedang Dalam Perjalanan / menuju suatu tempat’
OOT (Out Of Topic) istilah ini biasanya digunakan di forum atau milis
Diluar istilah serta bahasa yang sudah saya sebutkan diatas, sebenarnya masih banyak istilah serta bahasa Non Formal yang tidak tercatat dalam KBBI tapi bisa menjadi trend serta bahasa konsumsi masyarakat indonesia pada era-nya. Seperti pada era 90-an dulu, yel yel acara di TV atau moto suatu produk kerap mendoktrin masyarakat untuk poser dan ber wanna be ria. Seperti E GE P / Tau ah Gelap / Si Komo Lewat / dll. Kalau jaman sekarang sih lagi demam ‘alhamdulillah yah, sesuatu banget’ (Ha3x).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar